Selasa, 01 Februari 2011

format yang ada di A1GP

inilah format yang ada di A1GP: Setiap seri A1 Grand Prix dilaksanakan dalam tiga hari. Hari pertama (Jumat) merupakan saat latihan bagi setiap tim untuk lebih mengenal sirkuit yang akan mereka gunakan untuk membalap. Hari kedua (Sabtu) digunkanan untuk sesi latihan kedua dan saat ini juga digunakan untuk pelaksanaan sesi kualifikasi. Hari ketiga (Minggu) terdiri dari 2 sesi perlombaan: Sprint Race dan Feature Race, tiap sesi perlombaan ini memiliki sejumlah poin untuk dibagikan pada pesertanya.

Kualifikasi

Sesi kualifikasi dilaksanakan pada pukul 14.00 hingga pukul 16.00 waktu setempat, terbagi atas empat sesi yang berdurasi masing-masing 15 menit. Dalam tiap sesi, setiap tim hanya diizinkan untuk keluar dan melintasi sirkuit selama tiga lap. Lap pertama adalah saat mobil mulai keluar dari pit stop, lap ini sering disebut sebagai lap pemanasan. Lap selanjutnya disebut sebagai "Lap Panas", pada lap ini akan dihitung waktu kualifikasi dari tiap-tiap pembalap dan catatan waktu ini akan digunakan dalam penentuan posisi start untuk sesi Sprint Race pada hari minggu. Lap terakhir adalah lap bagi pembalap untuk kembali ke dalam pit stop. Waktu jeda antar sesi kualifikasi adalah 10 menit, waktu ini sering digunakan untuk wawancara, tayangan ulang, dan pariwara.
Setelah dilaksanakannya sesi kualifikasi, dua catatan waktu terbaik dari masing-masing tim yang berlaga akan dijumlahkan dan kemudian dari hasil ini akan ditentukan urutan start untuk Sprint Race hari minggu.

 Hari balapan

Format balap di hari minggu terdiri atas dua balapan
Balapan pertama yang dilaksanakan disebut Sprint Race, durasinya selama 30 menit atau sejauh 75 kilometer (tergantung mana yang lebih dulu dicapai). Sesi balapan ini dimulai dengan start melayang (mobil tidak dalam kondisi berhenti) dan dijadwalkan untuk dimulai pada pukul 13.30 waktu setempat. Pada Sprint Race ini selain poin bisa diraih, penentuan posisi start pada Feature Race juga dapat ditentukan, yakni sesuai dengan urutan finish para pembalap pada Sprint Race.
Balapan kedua disebut Feature Race atau Main Race dimulai pukul 15.00 waktu setempat, dan digelar sejauh 160 kilometer atau selama 60 menit (tergantung mana yang lebih dulu dicapai).

Penilaian

Sistem penilaian diterapkan secara sama untuk dua balapan di atas. Tim yang menduduki posisi 10 besar di tiap balapan akan mendapat poin dari 10 hingga 1 poin. Sang juara akan mendapat 10 poin, juara kedua mendapatkan 9 poin dan seterusnya berkurang hingga juara 10 mendapatkan 1 poin. Sebagai pelengkap, ada satu poin tambahan bagi tim yang mampu mencetak rekor Fastest Lap atau rekor putaran tercepat. Hadiah ini terdapat pada masing-masing balapan.
Poin- poin ini dianugerahkan untuk negara, bukan untuk para pembalap. Oleh karena itu, seluruh tim memiliki kebebasan untuk mengganti pembalapnya dari satu balapan ke balapan yang lain. Sementara poin yang sudah dikumpulkan akan tetap diakumulasikan tanpa mempedulikan siapa pembalap yang menghasilkan poin-poin tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar